Kerja Sambilan

Kerja sambilan (part time/arubaito/baito) banyak dicari oleh pelajar asing yang belajar di Jepang terutama pelajar yang mendapat uang saku minim dari orang tua.

Pemerintah Jepang juga memperbolehkan pelajar asing bekerja sambilan selama tidak mengganggu belajar mereka. Jam kerjanya dibatasi hanya 28 jam/minggu tapi khusus pada saat liburan panjang seperti libur Musim Panas atau Musim Dingin, siswa diperbolehkan bekerja selama 8 jam/hari.

Perusahaan yang sering mempekerjakan pelajar asing biasanya restoran, mini market, pabrik, hotel dan lain-lain. Untuk yang belum lancar berbahasa Jepang biasanya di tempatkan di bagian belakang seperti dapur atau gudang atau di pabrik yang tidak banyak berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Jepang, tapi jika siswa sudah lancar berbahasa Jepang bisa mendapatkan pekerjaan sebagai kasir, customer service, waitress dan lain-lain.

Manfaat kerja sambilan banyak, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menambah uang saku untuk keperluan sehari-hari, membeli barang-barang yang diinginkan, jalan-jalan dan lain-lain.
  2. Melatih komunikasi Bahasa Jepang dan menambah kosakata Bahasa Jepang karena jika kita kerja sambilan, kita pasti akan berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Jepang dengan atasan, rekan sekerja dan pelanggan kita.
  3. Bisa mempelajari kebudayaan dan kebiasaan orang Jepang, terutama etos kerja orang Jepang.
  4. Membuat jaringan pertemanan dengan perusahaan tempat bekerja, rekan sekerja dan pelanggan.

Honor bekerja biasanya dihitung per jam tapi dibayar setiap awal bulan. Honor perjamnya antara 750 Yen ~ 1.200 Yen tergantung jenis pekerjaan dan jam kerjanya. Biasanya honor lebih besar jika jam kerjanya malam hari.

Cara Memperoleh Ijin Bekerja

Siswa yang bermaksud untuk kerja sambilan diwajibkan memiliki ijin bekerja dulu dari pihak Imigrasi Jepang sebelum mulai mencari pekerjaan. Formulir permohonan ijin bekerja biasanya diberikan oleh pihak sekolah Bahasa Jepang yang dikirimkan bersamaan dengan Sertificate of Eligibility (CoE). Setelah diisi nanti surat tersebut diserahkan ke pihak Imigrasi di Bandara ketika masuk ke Jepang.

Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan sambilan di Jepang?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan siswa untuk mendapatkan pekerjaan sambilan.

  1. Rekomendasi dari sekolah
  2. Biasanya di papan pengumuman sekolah ada iklan lowongan kerja sambilan untuk siswa asing atau silahkan hubungi staff sekolah untuk minta rekomendasi kerja sambilan karena ada banyak sekolah Bahasa Jepang yang memang sudah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang mau menerima siswa asing.

  3. Rekomendasi dari senior
  4. Selain dari sekolah, siswa juga bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dari seniornya. Oleh karena itu siswa harus banyak membuat jaringan pertemanan baik teman seangkatan, senior maupun teman orang Jepang.

  5. Majalah lowongan kerja
  6. Ada juga majalah yang isinya khusus lowongan pekerjaan. Majalah-majalah tersebut bisa dibeli di mini market.

  7. Iklan lowongan kerja
  8. Toko-toko atau restoran juga sering menempelkan iklan lowongan pekerjaan di depan tokonya. Silahkan langsung hubungi jika menemukan lowongan pekerjaan yang menarik.

Perhatian :

Bekerja sambilan tanpa memiliki ijin dari pihak Imigrasi Jepang atau bekerja dengan jam kerja yang melebihi ketentuan yang diperbolehkan akan mendapatkan sanksi bahkan bisa dideportasi.

Untuk informasi lebih detil mengenai Studi ke Jepang silahkan hubungi kami.





Comments are closed.


Hubungi Kami

SHINJUKUCENTER

Ruko ITC DEPOK No.34
Jl. Margonda Raya No.56 RT.2. Rw.11
Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, DEPOK 16431
Email : studijepang@shinjukucenter.com


0838 – 932 – 111 - 72